Sunday, 19-05-2024
  • Selamat Datang Di Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO || Ayoh mendaftar di Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo TERAKREDITASI "BAIK SEKALI"

Visi dan Misi

VISI: 
Menghasilkan calon pendidik yang professional, cerdas, komperhensif dalam bidang pendidikan fisika dan fisika, unggul dalam Inovasi penelitian dan penerapannya, terampil dalam berwirausaha sesuai karakteristik wilayah pesisir kepulauan dan pedesaan.
 
MISI: 
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran fisika berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara terencana, terarah, dan berkelanjutan, dalam meningkatkan prestasi mahasiswa;
  • Menyelenggarakan  kegiatan penelitian di bidang pendidikan fisika dan penerapannya sesuai dengan karakteristik wilayah kepulauan dan pedesaan serta mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran fisika;
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui penerapan hasil riset yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran fisika;
  • Menyelenggarakan kegiatan dalam bentuk pelatihan atau magang  yang memfasilitasi mahasiswa menperoleh pengalaman kewirausahaan
  • Menyelenggarakan hubungan kerja sama secara Nasional dan Internasional di bidang tridharma Perguruan Tinggi.
Berdasarkan visi keilmuan yang ada maka dirumuskan tujuan Jurusan Pendidikan Fisika FKIP UHO sebagai berikut :
  1. Menghasilkan calon pendidik yang memiliki kompetensi: pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional dan mampu mempublikasikan karya ilmiah baik di tingkat Nasional maupun Internasional pada ilmu fisika dan terapannya (T1);
  2. Menghasilkan penelitian pendidikan fisika dan terapannya yang terpublikasi di tingkat Nasional, Internasional serta perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan penerapannya ke dalam pembelajaran fisika (T2);
  3. Memberdayakan masyarakat baik wilayah pesisir, kepulauan maupun pedesaan melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (T3);
  4. Terciptanya tata kelola program studi yang memberikan layanan prima dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi (T4);
  5. Menghasilkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang sains, penalaran, ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, olah raga, dan wirausaha serta terpublikasi secara Nasional dan Internasional (T5).
Rumusan sasaran Jurusan Pendidikan Fisika sebagai berikut:
Tujuan Jurusan Pendidikan Fisika yang Pertama (T1)
“Menghasilkan calon pendidik yang memiliki kompetensi: pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional dan mampu mempublikasikan karya ilmiah baik di tingkat Nasional maupun Internasional pada ilmu fisika dan terapannya (T1).”
Sasaran (S):
T.1.S.1 Meningkatkan kualitas proses pembelajaran
T.1.S.2 Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber belajar
T.1.S.3 Meningkatkan kompetensi dosen
Tabel 3.2 Strategi pencapaian dari setiap sasaran tujuan pertama Jurusan Pendidikan Fisika
Kode
Sasaran
Strategi
Kegiatan/Indikator
T.1.S.1
Meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Memantau proses pembelajaran melalui lembar monitoring yang diisi oleh dosen dan mahasiswa. Lembar monitoring antara lain berisi tentang informasi kehadiran dosen, kehadiran mahasiswa dan materi pembelajaran.
Pelaksanaan perkuliahan dengan dimonitoring oleh K2JM.
T.1.S.2
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber belajar.
Meningkatkan aksesibilitas sumber belajar melalui buku bahan ajar, modul, jurnal, dan blog dosen.
1.  Pembuatan bahan ajar dan modul.
2.  Pelatihan penulisan artikel ilmiah jurnal internasional yang bereputasi dan jurnal nasional terakreditasi
3.  Mengelola         jurnal ilmiah Jurusan.
T.1.S.3
Meningkatkan kompetensi dosen.
Memberikan informasi dan dukungan dana kepada dosen untuk meningkatkan kompetensinya melalui kegiatan workshop, seminar, lokakarya, dan pendidikan doctoral.
1.  Pelaksanaan workshop, seminar, lokakarya dan Pendidikan doctoral bagi dosen
 
Rumusan sasaran Jurusan Pendidikan Fisika sebagai berikut:
Tujuan Jurusan Pendidikan Fisika yang Kedua (T2)
“Menghasilkan penelitian pendidikan fisika dan terapannya yang terpublikasi di tingkat Nasional, Internasional serta perolehan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan penerapannya ke dalam pembelajaran fisika (T2).”
Sasaran (S):
T.2.S.1 Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta publikasi karya ilmiah dosen pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional bereputasi
T.2.S.2 Meningkatkan jumlah perolehan HaKi
T.2.S.3 Meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa
Tabel 3.3 Strategi pencapaian dari setiap sasaran tujuan kedua Jurusan Pendidikan Fisika
Kode
Sasaran
Strategi
Kegiatan
T.2.S.1
Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta publikasi karya ilmiah dosen pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional bereputasi.
Memberi informasi dan dorongan kepada dosen untuk mengadakan penelitian dan publikasi pada jurnal nasional dan internasional bereputasi melalui web jurusan dan media social.
Mengadakan penelitian dan publikasi pada jurnal nasional dan internasional bereputasi melalui web jurusan maupun media social.
T.2.S.2
Meningkatkan jumlah perolehan HaKi.
Mendorong dosen untuk mendaftarkan produk hasil penelitiannya dalam memperoleh HaKI.
Pelaksanaan penelitian untuk memperoleh HaKI
T.2.S.3
Meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa.
Menyelenggarakan pelatihan karya tulis ilmiah
Pelaksanaan pelatihan karya tulis ilmiah.
Rumusan sasaran Jurusan Pendidikan Fisika sebagai berikut:
Tujuan Jurusan Pendidikan Fisika yang Ketiga (T3)
“Memberdayakan masyarakat baik wilayah pesisir, kepulauan maupun pedesaan melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (T3).”
Sasaran (S):
T.3.S.1 Meningkatkan kuantitas kegiatan pengabdian pada masyarakat
T.3.S.2 Menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah
Tabel 3.4 Strategi pencapaian dari setiap sasaran tujuan ketiga Jurusan Pendidikan Fisika
Kode
Sasaran
Strategi
Kegiatan
T.3.S.1
Meningkatkan kuantitas kegiatan pengabdian pada Masyarakat.
Memberi informasi dan dorongan kepada dosen untuk melakukan pengabdian pada masyarakat berbasis hasil riset melalui web jurusan maupun media sosial dosen.
Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hasil riset melalui web jurusan maupun media social dosen.
T.3.S.2
Menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah.
Melibatkan stakeholder terkait dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.
Kerja sama dengan instansi pemerintah yang melibatkan stakeholder.
Rumusan sasaran Jurusan Pendidikan Fisika sebagai berikut:
Tujuan Jurusan Pendidikan Fisika yang Keempat (T4)
“Terciptanya tata kelola program studi yang memberikan layanan prima dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi (T4).”
Sasaran (S):
T.4.S.1 Meningkatkan mutu manajemen program studi
T.4.S.2 Pemanfaatan TIK dalam pelayanan di program studi
Tabel 3.5 Strategi pencapaian dari setiap sasaran tujuan keempat Jurusan Pendidikan Fisika
Kode
Sasaran
Strategi
Kegiatan
T.4.S.1
Meningkatkan mutu manajemen program studi.
Melaksanakan pelayanan berdasarkan SOP dan Manual Prosedur yang berlaku.
Pelayanan berdasarkan SOP dan Manual Prosedur yang berlaku.
T.4.S.2
Pemanfaatan TIK dalam pelayanan di program studi.
Meningkatkan aksesibilitas informasi dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
Memanfaatkan TIK dalam melakukan pelayanan di program studi.
Rumusan sasaran Jurusan Pendidikan Fisika sebagai berikut:
Tujuan Jurusan Pendidikan Fisika yang Kelima (T5)
“Menghasilkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang sains, penalaran, ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, olah raga, dan wirausaha serta terpublikasi secara Nasional dan Internasional (T5).”
Sasaran (S):
T.5.S.1 Meningkatkan kreatifitas mahasiswa pada bidang sains, penalaran, ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, olah raga, dan wirausaha.
Tabel 3.6 Strategi pencapaian dari setiap sasaran tujuan kelima Jurusan Pendidikan Fisika
Kode
Sasaran
Strategi
Kegiatan
T.5.S.1
Meningkatkan kreatifitas mahasiswa pada bidang sains, penalaran, ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, olah raga, dan wirausaha.
1.   Mendorong dan memberi dukungan moril dan materil bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan kemahasiswaan;
2.   Bekerjasama dengan lembaga kemahasiswaan mengadakan pelatihan di bidang TIK, kewirausahaan, dan penalaran.
1.       Membimbing mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kemahasiswaan
2.       Pelatihan dibidang TIK, kewirausahaan dan penalaran.